menikah 2Satu hal yang perlu kita fahami bahwasanya pernikahan adalah suatu hal yang
sangat sacral,,,

Kenapa demikian? Karena sesungguhya pernikahan bukanlah semata-mata penyatuan dua hati yang terpadu dalam cinta semata. Namun lebih dari itu. Pernikahan adalah suatu konsekuensi logis dari perjanjian manusia dengan TuhanNya. Bahwa dengan pernikahan akan membuat masing-masing jiwa manusia semakin dekat kepada TuhanNya.

Ketika kita senantiasa mengatakan setiap salat kita, Sesungguhnya salatku,
hidupku dan matiku hanyalah senantiasa untuk Allah semata. Dengan demikian berarti pernikahanpun juga ditujukan untuk Allah semata, bukan demikian saudaraku. Ketika pernikahanpun juga untuk Allah maka sudah seyogyanya pernikahan bukan lagi tertuju karena cinta nafsu belaka. Sehingga kedepannya pernikahan akan membawa kepada keluarga yang Sakinah Mawadah dan Warahmah.

Selain itu, Ketahuilah bahwa yang terpenting dalam suatu pernikahan dan rumah tangga bukanlah pesta pernikahan yang meriah, ataupun akad yang demikian mewah dengan mahar yang besar dan berat selaksana emas berlian ataupun hafalan surat tertentu. Namun lebih dari itu. Adalah bagaimana setelah akad dikumandangkan maka konsekuensi logis yang terjadi adalah setiap manusia yang terikat dalam perjanjian haruslah dapat menerima masing-masing pasangannya apa adanya. Mereka haruslah berusaha semaksimal mungkin menjaga pernikahannya langgeng sampai saat perpisahan yang ditentukan oleh Allah tiba. Rasa setia, welas asih, pemaaf dan kebaikan yang terbaik sudah patut harus diberikan kepada pasangannya dengan tulus dan ikhlas.


Seringkali kita melihat, banyaknya mereka yang terbuai dengan pesta pernikahan yang demikian wah hingga mengeluarkan puluhan hingga ratusan juta, yang terkadang sungguh sangat disesalkan. Walaupun dengan alasan untuk sebuah acara yang terjadi sehidup sekali namun pemborosan demi pemborosan terjadi disana. Betapa sebaiknya proses walimah/pesta pernikahan yang sederhana lebih baik dari itu semua. Seandainya bisa, daripada uang tersebut melayang hanya untuk sebuah pesta yang sesaat, alangkah lebih bijak jika digunakan untuk persiapan rumah tangga atau modal berumah tangga untuk berdagangkah atau lainnya. Namun bukan
berarti walimah tidak boleh meriah.

http://itan.blogspot.com/search/label/pernikahan